Umum

Seburuk-Buruknya Kesalahan Adalah….

Sahabatku, manusia ketika dilahirkan adalah dalam keadaan fitrah yaitu masih dalam keadaan bersih dan suci dari dosa sebagaimana yang sering diajarkan dalam agama kita Islam. Kemudian manusia mengalami beberapa tahap perkembangan termasuk mengenal dan belajar tentang segala sesuatu. Dan itu sangat erat kaitannya dengan peran kedua orang tua dan lingkungan dalam mendidiknya. Jika kedua orang tuanya mengajarkan sesuatu sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya, maka niscaya manusia yang dididik itu pun akan menjadi manusia yang baik. Begitu pula sebaliknya, apabila kedua orang tuanya mendidiknya dengan cara yang salah, maka akan menjadikan manusia itu berperilaku buruk dan hanya akan selalu menimbulkan masalah dalam hubungannya dengan manusia lainnya begitu juga kepada Allah Sang Pencipta.turn to Allah

Namun manusia tetaplah manusia, yang memang Allah SWT sengaja mengujinya dengan berbagai aturan dan larangan agar manusia itu bisa lebih mengenal dan membedakan manakah yang baik dan mana yang buruk. Tujuan tentu saja agar manusia bisa tunduk dan patuh pada perintah-Nya dan hanya beribadah kepada-Nya.

Setiap orang disengaja atau tidak, pernah melakukan kesalahan baik itu kesalahan yang sifatnya ringan maupun kesalahan berat. Mungkin seseorang pernah melakukan kesalahan seperti menyakiti orang lain dengan ucapan dan perbuatannya, mengambil hak orang lain, menyakiti makhluk lain seperti hewan dan sebagainya, bahkan tak jarang seorang dapat menyakiti dirinya sendiri seperti mengkonsumsi sesuatu yang berbahaya bagi tubuhnya sendiri, dan masih banyak lagi contoh kesalahan yang dilakukan oleh manusia. Akan tetapi Allah Maha Rahman dan Maha Rahim adalah satu-satunya Penerima Taubat bagi manusia untuk bisa kembali memperbaiki kesalahan yang telah terjadi sepanjang manusia itu masih mau memperbaiki keadaan dirinya dan orang lain yang telah menjadi dampak perbuatan buruknya itu.

Oleh karena itu Allah SWT telah memberikan petunjuk-Nya melalui Al Qur’an dan Sunnah Nabi-Nya agar manusia bisa mengambil pelajaran seperti apa seharusnya manusia itu bertindak agar tidak terjatuh dalam kesalahan sama yang telah dilakukannya. Manusia ada yang diberikan hidayah oleh Allah sekalipun ia sebelumnya termasuk orang yang banyak melakukan dosa dan kesalahan, kemudian ada juga manusia yang tidak dapat menerima hidayah karena memang keadaan dirinya yang tak mau berubah. Selama manusia itu masih hidup, maka Allah SWT masih memberikan kesempatan padanya untuk memperbaiki kesalahan yang telah ia lakukan agar ia bisa menjadi manusia yang berakhlak baik dan dicintai oleh Allah yang telah menciptakannya.

Sahabatku, tahukah kalian apakah kesalahan terburuk yang pernah dilakukan oleh seseorang? Yaitu orang yang hingga akhir hayatnya sama sekali tidak pernah mengenal siapa penciptanya. Ia tak pernah mengenal Allah SWT yang mungkin telah berkali-kali telah memberikan tanda-tanda tentang keberadaan-Nya. Tetapi orang itu tak dapat menggunakan akal dan hati nuraninya untuk mencari kebenaran. Ia terhalang dari hidayah hingga suatu saat ia dibangkitkan dalam keadaan tidak memiliki seorang penolong pun yaitu Robb yang telah memberinya kesempatan hidup di dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s